Urin Berbusa Tanda Ginjal Ada Masalah

Sebaiknya tidak menganggap sepele ketika Anda tiba-tiba mengalami air kencing berbusa saat buang air kecil. Mungkin, kondisi tersebut adalah tanda dari organ ginjal Anda yang sedang bermasalah.

Urin Berbusa Tanda Ginjal Ada Masalah

Beberapa orang pernah menemukan dirinya kencing dengan urin yang berbusa. Kondisi ini sebenarnya cukup umum dan normal terjadi pada setiap orang. Namun, Anda juga perlu waspada dengan gejala yang terlihat ganjal karena bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit yang lebih serius.

Apakah air kencing berbusa adalah suatu hal yang normal? Untuk mengetahuinya, sebaiknya kenali beberapa faktor yang memperngaruhi urin Anda berbusa. Berikut adalah penyebab-penyebab yang dicurigai mempengaruhi kondisi tersebut.

  • Kandung kemih Anda penuh, sehingga akhirnya mengeluarkan urin dengan sangat cepat dan menghasilkan busa. Namun dapat beberapa saat busa juga akan menghilang dengan sendirinya.
  • Karena air kencing terkonsentrasi, biasanya terjadi saat Anda dehidrasi ringan, seperti saat sedang hamil atau setelah melakukan olahraga. Dengan minum air lebih banyak dapat mengatasi masalah ini.

Diatas termasuk faktor penyebab yang normal, dan jelas tidak berbahaya.

Urin berbusa bisa menjadi tanda dari penyakit serius, jika Anda juga mengalaminya bersamaan dengan sensasi terbakar saat buang air kecil, frekuensi buang air kecil lebih sering, dan terkadang air kencing berdarah.

Ketika urin Anda berbusa dan bisa dikategorikan sebagai tanda dari penyakit serius yang kemudian akan dibarengi dengan gejala tambahan, seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, perubahan jumlah air kencing yang keluar, air kencing keruh, berwarna gelap, atau kadang berdarah, sulit tidur serta pembengkakan pada tangan, kaki, wajah, dan perut. Ini bisa terjadi karena adanya penumpukan cairan pada ginjal.

Jika tanda-tanda urin berbusa Anda disertai beberapa gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan pada dokter.

Updated: — 3:33 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *