Mengenal Pielonefritis Penyakit Yang Terjadi Pada Ginjal

Sebelumnya mungkin Anda belum pernah mendengar tentang Pielonefritis. Namun Pielonefritis, adalah salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan ginjal.

Mengenal Pielonefritis Penyakit Yang Terjadi Pada Ginjal

Mengenal Pielonefritis.

Pielonefritis merupakan jenis infeksi yang terjadi di saluran kemih (ISK) yang menyerang pada ginjal. Saluran kemih yang terdiri dari kandung kemih, uretra, ginjal serta ureter. Umumnya infeksi saluran kemih memang dimulai dari uretra, yaitu saluran uretra, yaitu saluran paling akhir saat urin dikeluarkan dari tubuh. Jika tidak segera diobati, infeksi dapat menyebar ke kandung kemih yang disebut cystitis (radang kandung kemih), salah satu jenis umum ISK.

Walapun jarang terjadi dibandingkan cytitis, Pielonefritis merupakan salah satu kondisi yang sangat serius. Jika tidak mendapat penanganan tepat waktu, berdampak pada kerusakan ginjal dan gagal ginjal. Jika ini terjadi sudah pasti pengobatan pada pasien memerlukan penanganan cuci darah dan transplantasi ginjal.

Pielonefritis yang serius juga dapat menyebabkan sepsis. Meskipun jarang terjadi, sepsis sangat serius karena infeksi tidak hanya ada pada satu daerah saja, tetapi dapat menjalar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Penyebab Pielonefritis.

Pielonefritis disebabkan dari berbagai jenis virus dan bakteri tetapi yang paling umum adalah bakteri Escherichia coli. Bakteri jenis ini biasanya berasal dari kandung kemih yang naik ke ginjal melalui aliran darah.

Bakteri ini dapat terjadi pada siapapun, namun lebih umum menyerang orang yang telah terkena infeksi kandung kemih atau orang dengan kelainan struktur/anatomi pada saluran kemih sebelumnya. Dampak dari jenis kelainan ini akan menyebabkan urin tidak dapat mengalir dengan normal.

Beberapa wanita hamil yang memiliki penyakit Diabetes dan sistem kekebalan tubuh yang rendah juga berisiko terkena Pielonefritis.

Gejala utama dari Pielonefritis yang bisa Anda kenali, antara lain :

  • Kedinginan.
  • Demam.
  • Muntah dan mual.
  • Sering dan terasa sakit saat buang air kecil.
  • Nyeri pada bagian belakang dan pangkal paha.

Mengenal Pielonefritis Penyakit Yang Terjadi Pada Ginjal |

Baca juga : Hati-hati Sembelit Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal

Updated: — 8:54 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *