Penyebab Tingginya Kreatinin Pada Ginjal

Pernahkah Anda mengenal Kreatinin sebelumnya? Kreatinin yang merupakan sebutan untuk limbah yang terbentuk saat cratine pecah. Lalu apa hubungannya dengan ginjal?

Penyebab Tingginya Kreatinin Pada Ginjal

Ternyata Ginjal, adalah organ yang paling bertanggung jawab untuk menghilangkan hasil limbah tersebut dari dalam tubuh, sehingga kadar kreatinin darah tetap normal, dan dapat menjalani fungsinya sebagai indikator penting dalam mengatur fungsi dari ginjal itu sendiri.

Saat kadar kreatinin ini meningkat, dampaknya berpengaruh pada penurunan fungsi ginjal. Saat kreatinin dalam darah meningkat, hal ini dapat menunjukkan abahwa aliran darah ke ginjal mengalami penurunan. Akbatnya filtrasi dan pembersihan kreatinin serta zat lainnya menjad terganggu. Karena kreatinin yang tinggi juga menjadi tanda fungsi dari ginjal terganggu dan beresiko menyebabkan salah satu atau kedua dari ginjal mulai membentuk batu ginjal.

Tingkat Kreatinin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya usia, jenis kelamin, ras, asupan makanan, massa otot, obat-obatan, dan penyakit kronis, seperti Hipertiroidisme, Hipotiroidisme, Diabetes dan penyakit ginjal. Kisaran normal Kreatinin dalam serum darah 0,75-1,3 mg / dL Pada pria dan 0,6-1,1 mg / dL untuk wanita. Nilai normal dapat sedikit berbeda tergantung pada laboratorium dan teknik yang digunakan.

Faktor lain penyebab kadar Kreatinin meningkat juga dapa tterjadi karena jenis makanan yang dikonsumsi, antara lain :

— Makanan dengan kandungan tinggi garam dan tinggi natrium.

Garam dan makanan tinggi natrium menyebabkan tubuh untuk mempertahankan cairan, juga meningkatkan tekanan darah dan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut untuk ginjal Anda. Secara tidak langsung makanan tersebut menyebabkan meningkatnya produksi kreatinin pada ginjal.

— Makanan yang mengandung tinggi protein.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein berlebih juga membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menjalankan fungsinya. Protein bisa ditemukan dalam berbagai jenis makanan termasuk daging, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, susu, biji-bijian dan sayuran. Anda tidak perlu menghindari semua makanan ini,  cukup menghindari makan dalam jumlah besar jika kreatinin Anda tinggi.

— Makanan tinggi Kalium.

Makanan dengan kandungan tinggi kalium juga membuat kadar kreatinin Anda tinggi. Kalium merupakan mineral penting yang diperlukan untuk otot-otot Anda untuk bekerja dengan baik, tetapi tingkat darah tinggi kalium yang berbahaya dan dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur atau kelemahan otot. Saat kadar kalium Anda tinggi, Anda mungkin perlu menghindari makanan tinggi potassium seperti alpukat, pisang, jeruk, plum, kentang, bayam, tomat, kacang dan beras merah.

— Makanan tinggi Fosfor.

Ginjal bertanggung jawab untuk menghilangkan fosfor dari dalam darah Anda, hal tersebut adalah sebuah proses yang mungkin sulit bila ginjal tidak berfungsi dengan baik. Tingginya kadar fosfor menyebabkan tulang bekerja lebih keras dalam membersihkan kalsium, yang dapat melemahkan mereka. Anda mungkin perlu untuk menghindari, atau membatasi makanan tinggi fosfor dari diet Anda jika kadar kreatinin pada ginjal tinggi. Makanan tinggi fosfor yang Anda mungkin perlu untuk menghindari termasuk roti gandum, sereal bekatul, oatmeal, kacang-kacangan, biji bunga matahari dan cola.

Selain dari penyebab-penyebab diatas, faktor lainnya yang menyebabkan kreatinin ginjal tinggi berasal dari penyakit ginjal itu sendiri. Gejala sakit ginjal yang terjadi biasanya ditandai dengan kelelahan, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, mual atau muntah, penurunan berat badan, kulit gatal, bengkak pada tangan dan kaki, sering atau nyeri buang air kecil atau perubahan warna urin.

Penyebab Tingginya Kreatinin Pada Ginjal |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *