Obat Penyakit Ginjal Alami

Solusi Pengobatan Ginjal Tradisional yang Ampuh

Penyebab Ginjal Mengecil Yang Harus Diwaspadai

Kondisi ginjal mengecil mungkin tidak terlalu diketahui banyak masyarakat, namun masalah ginjal yang satu ini juga perlu diwaspadai.

Ginjal mengecil, adalah saat kondisi ginjal mengalami pengecilan dalam ukurannya yang normal. Mengecil dalam artian sebenarnya, kondisi ini terjadi akibat penyakit ginjal yang berkembang menjadi penyakit ginjal stadium akhir, dimana kreatinin serum dan nutrogen urea biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi.

Penyebab Ginjal Mengecil Yang Harus Diwaspadai

Nefron yang menjadi jaringan fungsional ginjal akan mengalami kerusakan sehingga ginjal kemudian menyusut atau mengecil. Hal ini dikarenakan kondisi serius pada ginjal yang tidak segera mendapat penanganan yang akhirnya menyebabkan ginjal mengecil dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Namun sayangnya, ginjal mengecil juga terkadang tidak dapat dirasakan langsung gejalanya secara fisik. Hanya sebagian besar riset membuktikan jika penyebab ginjal mengecil akan membuat penderitanya merasakan nyeri di panggul, gatal di kulit, hingga mengalami tekanan darah menjadi tinggi. Untuk itu, sangat penting mengetahui penyebab ginjal mengecil agar Anda dapat mencegahnya dengan sebaik mungkin

Dan berikut ini merupakan beberapa Penyebab Ginjal Mengecil Yang Harus Diwaspadai.

1. Nyeri panggul.

Sakit panggul memang salah satu tanda pengecilan ginjal. Hal ini disebabkan adanya masalah pada otot dan tulang panggul. Jika anda mengalami kondisi pada tulang pelvis, sendi panggul, dan punggung bawah, maka anda dapat merasakan nyeri akut atau kronis pada area panggul. Nyeri di bawah tulang punggung yang menjadi letak ginjal akan mempengaruhi kondisi ginjal dan menyebabkan ginjal menyusut.

2. Hamaturia.

Hamaturia menjadi penyebab ginjal mengecil yang harus diwaspadai. Pada penyakit ini terjadi perubahan warna urin menjadi kemerahan atau sedikit kecokelatan. Kondisi ini akan membuat ureter, saluran ginjal menuju ke kandung kemih menjadi terganggu sehingga ginjal yang akan menyaring darah tidak dapat berfungsi dengan baik maka terjadilah urin yang mengadung darah. Hal ini menjadi gejala awal dari penyakit ginjal mengecil.

3. Pielonefritis.

Pielonefritis atau lebih dikenal dengan infeksi saluran kemih juga dapat menjadi penyebab ginjal mengecil. Ureter dan ginjal adalah bagian dari saluran kemih dan banyak kasus infeksi berawal dari uretra. Hal ini disebut pula dengan radang kandung kemih atau cystitis. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada nefron sehingga ginjal akan menderita kerusakan dan mulai menyusut dari waktu ke waktu.

4. Displasia ginjal.

Displasia ginjal merupakan kelainan perkembangan berupa perubahan organisasi struktural serta perbedaan nefron dan duktus yang tidak wajar. Penyakit ini menjadi faktor selanjutnya penyebab ginjal mengecil. Ginjal memiliki jaringan luka atau fibrosis dan juga sejumlah potongan tulang rawan di mana pada sejumlah kasus, pertumbuhan ginjal menjadi kurang sempurna atau lebih kecil dari ukuran normal.

5. Merokok.

Merokok juga menjadi salah satu penyebab ginjal mengecil. Hal ini dikarenakan rokok mengandung nikotin yang tak hanya berbahaya untuk paru-paru tapi juga ginjal. Nikotin merupakan zat yang bisa mengancam kesehatan tubuh setiap orang yang memiliki kebiasaan merokok dan menghirup asapnya. Akibat yang ditimbulkan tidak hanya menjadikan ginjal kehilangan kemampuannya dalam menyaring racun, tapi juga pH darah menjadi tidak stabil.

6. Pola makan dan minum.

Pola makan dan minum yang tidak sehat dapat menyebabkan ginjal mengecil. Asupan makanan serta minuman yang tak sehat seperti makanan yang mengandung lemak, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung garam berlebihan perlu dijauhi. Jika tetap anda konsumsi akan mengakibatkan rusaknya kinerja ginjal dan juga dipengaruhi oleh ukuran ginjal yang makin menyusut.

7. Hipertensi.

Penyebab pertama ginjal mengecil karena hipertensi. Pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat ada sangat berkaitan dengan tekanan darah yang tinggi, namun hal ini juga berhubungan dengan organ ginjal. Hipertensi merupakan kondisi kadar tekanan darah tak bisa terkendali dengan baik, sehingga akan mengakibatkan gagal ginjal yang diawali dengan ginjal yang mengecil. Setelah terus-menerus mengecil, akhirnya ginjal pun kehilangan fungsinya.

8. Penyakit ginjal stadium lanjut.

Jika anda penderita ginjal stadium lanjut maka ini akan membuat ginjal anda mengecil. Jaringan fungsional ginjal atau yang disebut juga dengan nefron bakal mengalami kerusakan sehingga menyebabkan ginjal untuk terus menyusut. Jika kondisi ini terjadi maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapat penanganan medis.

Itu dia ke-8 dari kemungkinan penyebab ginjal mengecil. Semoga bermanfaat, salam.

Updated: — 3:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Obat Penyakit Ginjal Alami © 2018 Frontier Theme