Manfaat Dedek Ternyata Baik Untuk Penderita Batu Ginjal

Siapa yang tidak mengenal dedek? Biasanya dedek padi identik sebagai pakan ternak. Namun ternyata baru-baru ini para ahli merilis jika dedek padi yang biasa digunakan sebagai pakan ternak bebek dan lainnya ini termasuk superfood yang konon memiliki sejumlah kandungan nutrisi tinggi dari makanan lainnya.

Manfaat Dedek Ternyata Baik Untuk Penderita Batu Ginjal

Studi tersebut diungkap oleh American Heart Association, seperti yang dilansir oleh Live Science. Disana ditulis jika Superfood yang kita tahu berasal dari nabati dan hewani. Dedak padi yang mungkin tidak pernah Anda sangka menjadi salah satunya. Ya, dedak adalah lapisan luar dari pembungkus beras ini ternyata memiliki nilai gizi tinggi. Dedak disebut mengandung sejumlah besar lemak, Protein, Mineral dan Mikronutrien seperti Vitamin B.

Menurut Departemen Pertanian AS, dalam 1 porsi dedak padi (28 gram) sudah memberikan lebih dari sepatuh kebutuhan kandungan vitamin seperti niasin, tiamin dan Vitamin B.

Dalam sejarah tradisional, dedek dianggap sebagai salah satu sumber serat termurah dan hanya dianggap bermanfaat sebagai sumber dari lipid, semisal untuk minyak goreng. Hingga saat ini belum banyak  digunakan untuk kesehatan manusia dan sumber gizi karena asumsi masyarakat yang telah menganggapnya sebagai salah satu pakan untuk ternak.

Kandungan seperti asam amino, Vitamin, kofaktor serta metabolit sekunder pada dedak padi termasuk zat-zat kaya nutrisi dan bermanfaat sebagai obat. Dalam temuannya dijelaskan jika kofaktor, Vitamin dan asam amino membentuk hampir 50 % dari sebagian kecil molekul dedak. Dedak sebagai bahan makanan dapat menghasilkan lebih dari 400 senyawa saat dikonsumsi.

Terlepas dari penelitian ini, dedak padi juga diketahui dapat melawan masalah kesehatan kronis seperti batu ginjal, kanker, kanker hati, dan penyakit Jantung, Dilansir Livestrong. Dedak bisa dimasukkan dalam makanan sehari-hari ke dalam makanan smoothies misalnya sup dan bubur. Dedak juga direkomendasikan sebagai topping salad dan yogurt.

Posted by Obat Penyakit Ginjal Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *