Makanan Yang Justru Memperparah Kondisi Batu Ginjal

Ginjal termasuk organ dengan peranan penting, salah satunya sebagai penyaring racun yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh. Selain racun, beberapa zat berbahaya lainnya juga ditangani dengan baik, sehingga kondisi tubuh tetap stabil, dari racun-racun dan zat berbahaya.

Akan tetapi, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung racun (berpengawet dan zat berbahaya lainnya) yang tidak ketahui akan membuat endapan-endapan pada ginal, dan lama kelamaan menjadi batu yang disebut batu ginjal. Namn sayangnya, tidak semua orang menyadari kondisi ini, dan justru karena ketidak-tahuan tersebut membuat pasien batu ginjal tidak menyadari dirinya sedang menderita penyakit batu ginjal hingga membuatnya semakin parah.

Makanan Yang Justru Memperparah Kondisi Batu Ginjal

Seperti yang dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah contoh dari beberapa makanan yang dapat memperburuk penyakit batu ginjal. Diantaranya :

  • Bayam.

Berdasarkan data dari seorang ahli nutrisi dan diet di India, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi Bayam. Jenis sayuran yang satu ini ternyata mengandung Oxalate yang bisa mengikat Kalsium dan membentuk kristal kalsium Oxalate atau batu ketika ginjal memproduksi urin.

  • Cokelat.

Siapa yang bisa menolak Cokelat? Makanan yang banyak digemari ini sayangnya harus dihindari oleh penderita batu ginjal, sebab Cokelat adalah pantangan terbesar dikarenakan Cokelat mengandung Oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal semakin parah akibat batu ginjal.

  • Teh.

Sebagaimana kita tahu, jika Teh adalah salah satu minuman sehat yang kaya manfaat untuk kesehatan. Namun jika Anda menderita batu ginjal, sebaiknya hindari minum teh. Sebab, teh akan membuat batu ginjal semakin membesar dan menyebabkan berbagai macam komplikasi.

  • Makanan laut.

Orang yang memiliki batu ginjal sebaiknya lebih berhati-hati saat menyantap hidangan sea food / makanan laut. Beberapa makanan laut banyak mengandung zat bernama Purines. Purines dalam tubuh bereaksi meningkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya batu asam urat.

  • Tomat.

Selain Bayam, sayuran lainnya yang mengandung banyak Oxalate adalah Tomat. Tomat biasanya dikonsumsi secara langsung atau terkandung dalam masakan.

  • Makanan asin.

Mengonsumsi terlalu banyak saja sudah tak baik untuk kesehatan orang yang normal, apalagi pada orang-orang yang bermasalah dengan batu ginjal. Sangat penting untuk membatasi konsumsi garam dan makanan asin setiap harinya. Hal ini terkait garam mengandung sodium yang dapat menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Akibat kelebihan kalsium ini akan mengikat Oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginja

Baca lainnya :

Benarkah Kurang Minum Air Memicu Sakit Ginjal?
Jus Wortel Untuk Bersihkan Racun Di Ginjal

Makanan Yang Justru Memperparah Kondisi Batu Ginjal |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *