Makanan Yang Harus Dibatasi Penderita Batu Ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran dalam darah, lalu membuangnya bersama urin. Sayangnya, sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki batu ginjal hingga sampai pada tahap yang serius.

Salah satu diantara penyebabnya yaitu mineral yang terdapat di jenis makanan tertentu yang dikonsumsi. Apa saja kira-kira jenis makanan yang ternyata berefek terhadap penderita batu ginjal? Ini dia selengkapnya.

Makanan Yang Harus Dibatasi Penderita Batu Ginjal

— Tomat.

Tomat memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Oksalat yang mengikat kalsium dalam membentuk batu pada ginjal. Bila memang dalam kondisi mendesak mengonsumsi sayur ini, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi bijinya.

— Bayam.

Bayam seperti tomat, memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Jika memang ingin makan bayam, direkomendasikan hanya seminggu sekali atau dua kali mengonsumsi makanan tersebut.

— Makanan Laut.

Mereka yang telah menderita penyakit batu ginjal sebaiknya membatasi asupan makanan laut, daging, dan protein hewani lainnya. Alasannya, di dalam makanan tersebut terdapat purin yang bisa meningkatkan produksi asam urat, sehingga membantu memperbesar batu ginjal.

— Makanan Asin.

Orang yang menderita batu ginjal juga sebaiknya membatasi asupan garam. Di dalam garam terdapat natrium yang menyebabkan berlebih jumlah kalsium dalam urin. Kelebihan kalsium dalam urin ini bisa mengikat oksalat (dari makanan lain) yang menyebabkan pembentukan batu ginjal.

— Cokelat.

Makanan kesukaan banyak orang ini tinggi oksalat. Sehingga tidak boleh dikonsumi terlalu banyak, terlebih oleh pasien batu ginjal. Batasi hanya sekali perminggu.

— Teh.

Bagi orang normal mengonsumsi teh memang memiliki banyak manfaat. Namun, bagi orang penderita batu ginjal sebaiknya membatasi teh agar tidak membuat ukuran batu membesar.

Semoga bermanfaat.

Makanan Yang Harus Dibatasi Penderita Batu Ginjal |

Updated: — 6:35 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *