Khasiat Bawang Putih Sebagai Pembersih Ginjal Alami

Ginjal termasuk organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai penyaring darah, serta membuang limbah dan kelebihan cairan dari dalam tubuh Anda. Ketika gangguan ginjal mencegah ginjal untuk berfungsi baik, limbah yang berasal dari makanan dan minuman yang tidak berhenti kita konsumsi akan semakin membentu dan merusak tubuh.

Contoh umumnya adalah penyakit Diabetes, darah tinggi dan kondisi kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Namun, terdapat satu bahan rempah tradisional yang sangat umum dan mudah ditemukan di dapur rumah kita sebagai salah satu alternatif alami pembersih ginjal, yaitu bawang putih.

Khasiat Bawang Putih Sebagai Pembersih Ginjal Alami

Bawang putih adalah bahan tradisional yang sudah sejak lama digunakan sebagai campuran dalam ramuan obat tradisional. Manfaatnya diketahui sangat efektif dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung, juga penyakit kanker.

Berdasarkan penelitian para ahli dari University of Maryland Medical Center, mengenalkan bahwa bawang putih memang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan bermanfaat sebagai penghilang partikel berbahaya atau biasa disebut dengan zat radikal bebas yang dapat menyebabkan banyak penyakit berkembang di dalam tubuh serta mempercepat proses penuaan.

Bawang putih dinilai cukup penting dalam membantu meningkatkan kesehatan juga fungsi ginjal. Hal ini karena berdasarkan sifat diuretik yang dimiliki bawang putih. Diuretik dapat membantu menghilangkan natrium (garam) dan air di dalam tubuh Anda dan memaksa ginjal untuk menempatkan lebih banyak natrium dalam urin. Lalu garam yang menyerap air dari dalam darah dapat mengurangi jumlah cairan yang harusnya mengalir melalui pembuluh darah. Akibat dari kekurangan cairan dapat menurunkan tekanan pada dinding arteri Anda. Jika tekanan darah tinggi terjadi, hal ini bisa langsung membahayakan arteri dan merusak pembuluh darah kecil di ginjal. Jika pembuluh ginjal rusak, hal ini dapat merusak fungsi ginjal lainnya sebagai penyaring air dari darah.

Bawang putih dapat menjadi pelindung ginjal dari efek potensi berbahaya logam berat seperti kadmium dan timbal. Menurut studi Jordan Universiity of Science and Technology, asupan bawang putih dapat menurunkan konsentrasi timbal dan kadmium dalam ginjal, hati, jantung, darah dan limpa. (Livestrong, Minggu (2/10/2016).

Khasiat Bawang Putih Sebagai Pembersih Ginjal Alami |

Baca juga : Kenali 4 Tanda Wanita Yang Menderita Batu Ginjal

Updated: — 7:39 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *