Hati-hati Sembelit Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal

Sembelit memang tidak termasuk penyakit yang berbahaya dan setara dengan kanker dll. Namun tetap saja yang namanya penyakit tidak boleh disepelekan.

Sembelit merupakan salah satu gangguan kesehatan dalam sistem pencernaan yang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam masalah buar besar. Mereka yang mengalami sembelit biasanya karena kekurangan asupan serat dalam makanannya. Untuk itu, cara termudah dalam mengatasi Sembelit tanpa harus berobat adalah dengan mulai mengkonsumsi sayuran ataupun buah-buahan yang kaya serat.

Hati-hati Sembelit Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal
Jika sembelit tidak juga sembuh maka harus berhati-hari karena hal itu bisa saja merupakan tanda dari terjadinya gagal ginjal. Ya, berdasarkan penelitian terbaru ditemukan fakta bahwa 13% penderita sembelit memiliki resiko tinggi terkena gangguan fungsi ginjal. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Penelitian tersebut dilakukan oleh seorang ahli yang berasal dari University of Tennesee. Berdasarkan datanya, ada sekitar 3,5 juga veteran dari US yang memiliki fungsi ginjal normal. Para veteran etrsebut kemudian dicek dalam kondisi kesehatannya di tahun 2004, 2006 dan sekali setelah tujuh tahun setelahnya. Dari hasil cek yang dilakukan, para veteran yang mengalami sembelit juga mengalami penyakit ginjal kronik. Selain itu, 9% diantaranya juga beresiko mengalami gagal ginjal.

Para pakar ahli kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini adalah dr. Csaba Kovesdy. Beliau juga menyebutkan jika masalah sembelit dapat berkaitan dengan organ-organ lainnya. Contohnya jika kita kurang mengkonsumsi makanan sehat dan kaya serat, selain lebih mudah mengalam isembelit juga secara tidak langsung akan meningkatkan resiko lebih besar terhadap gangguan penyakit lainnya, seperti jantung dan pembuluh darah. Hasil penelitian ini juga menambahkan adanya resiko gangguan lain pada ginjal andai kita mudah terkena masalah buang air besar.

Baca juga : Penggemar Daging Merah Hati-hati Gagal Ginjal

Hati-hati Sembelit Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal |

Updated: — 1:49 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *