Gagal Ginjal Terjadi Akibat Sering Konsumsi Obat Pencahar

Jangan pernah mengabaikan jika Anda sering mengalami gangguan sembelit. Penelitian terbaru menyatakan jika masalah sembelit dapat berkaitan langsung dengan gagal ginjal dan tentunya sangat membahayakan.

Gagal Ginjal Terjadi Akibat Sering Konsumsi Obat Pencahar

Pada sebuah studi disebutkan jika para ahli telah memeriksa catatan kesehatan dari lebih 3,5 juta para veteran Amerika Serikat. Dan mereka melaporkan jika para pasien sembelit umumnya terjadi karena terlalu sering mengkonsumsi obat pencahar.

Studi tersebut menemukan fakta lain bahwa orang-orang yang mengalami sembelit akan beresiko terhadap penyakit gagal ginjal kronis. Hal ini karena efek samping dari obat pencahar tersebut.

Dr Csaba Pal Kovesdy, Kepala Nefrologi di Memphis VA Medical Center, dikutip Foxnews menyatakan “Kami sangat terkejut. Studi sebelumnya telah menghubungkan sembelit untuk masalah kardiovaskular. Tapi sekarang studi menunjukkan bahwa orang yang sering sembelit bisa berisiko gagal ginjal,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi jika ternyata sembelit disebabkan adanya bakteri di usus. Sementara itu, bakteri ini dapat berpindah ke bagian organ ginjal jika orang tersebut tidak menjalani gaya hidup sehat dengan benar.

Sembelit mempengaruhi sekitar 30% dari populasi umum di beberapa titik selama hidup mereka. Bakteri di usus menyebabkan perubahan metabolisme tubuh. Dalam mencegah sembelit, Anda diminta lebih banyak mengonsumsi serat dari buah dan sayuran. Dengan demikian, Anda juga sekaligus menurunkan risiko gagal ginjal yang fatal efeknya.

Baca : Mengenal Pielonefritis Penyakit Yang Terjadi Pada Ginjal

Gagal Ginjal Terjadi Akibat Sering Konsumsi Obat Pencahar  |

Updated: — 3:25 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *