Obat Penyakit Ginjal Alami

Solusi Pengobatan Ginjal Tradisional yang Ampuh

Gagal Ginjal Stadium Akhir Yang Melemahkan Fungsi Ginjal

Penyakit gagal ginjal akut yang nantinya dapat berkembang dalam stadium (tingkatan), diantaranya stadium 1, 2, 3, 4 hingga 5. Dalam kasus gagal ginjal stadium 5 (stadium akhir) adalah kondisi ginjal dimana fungsinya sudah tidak berjalan seperti sedia kala. Kondisi ini mau tidak mau harus segera ditangani sebab akan berdampak pada kualitas hidup pasien yang akan menurun drastis. Bahkan, diantara banyak kasus yang terjadi kondisi ini menyebabkan kematian.

Gagal Ginjal Stadium Akhir Yang Melemahkan Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ vital yang fungsinya adalah mengeluarkan limbah dan cairan berlebih dari darah. Saat ginjal tidak lagi mampu bekerja dengan baik, limbah dan cairan akan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dapat memicu sejumlah komplikasi. Di antaranya kerusakan pada jantung, pembuluh darah, dan sistem saraf pusat.

Pasien yang mengalami gagal ginjal stadium akhir perlu menjalani dialisis rutin. Prosedur ini nantinya dapat membuat pengalihan fungsi ginjal. Kondisi ini juga akan melibatkan penggunaan mesin untuk membersihkan darah pasien. Dialisis biasanya memakan waktu sekitar empat jam dan harus dilakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Mengetahui Penyebab Gagal Ginjal Stadium Akhir.

Gagal ginjal stadium akhir diawali dengan terjadinya kerusakan ginjal yang memburuk selama lebih dari beberapa tahun. Kerusakan apa pun pada ginjal dapat bersifat permanen. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh penyakit dan gangguan. Di antaranya termasuk Diabetes (baik tipe 1 maupun 2) dan tekanan darah tinggi. Penyebab lainnya yaitu kerusakan unit dan tubula penyaring ginjal. Stadium akhir juga dapat diakibatkan oleh penyakit ginjal polikistik, infeksi ginjal berulang, dan penyakit autoimun.

Gejala dari gagal ginjal stadium akhir akan terlihat pada pasien diantaranya mual, muntah dan mudah lelah. Tanda-tanda lainnya termasuk kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Saat kondisinya semakin memburuk, pasien kemungkinan dapat mengalami gangguan jantung (akibat kadar potasium di dalam darah yang meningkat) dan kejang (saat sistem saraf pusat ikut terpengaruh). Komplikasi lainnya termasuk anemia, infeksi berulang, dan risiko fraktur tulang meningkat.

Kerusakan ginjal pada stadium awal cukup sulit untuk didiagnosis karena tidak menampakkan banyak gejala. Karena hal tersebut pasien berisiko tinggi dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan rutin. Makin cepat diketahui, prognosis pasien akan semakin baik. Gagal ginjal stadium akhir dapat dihindari atau setidaknya diperlambat dengan mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pasien gagal ginjal juga harus lebih aktif bergerak dan mengonsumsi pola makan yang seimbang. Selain itu, penting juga bagi mereka agar menjaga berat badan tetap ideal. Pasien juga harus memastikan bahwa penyakit mereka yang mereka derita (seperti Diabetes dan Hipertensi) terkontrol dengan baik. Jika penderita Diabetes dan Hipertensi dapat dikendalikan, artinya tekanan darah dan kadar gula darah terkontrol sesuai target sehingga tidak sampai menjadi komplikasi ginjal, maka setidaknya 70% penyakit ginjal kronis dapat dicegah.

Baca juga :

Updated: — 3:46 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Obat Penyakit Ginjal Alami © 2018 Frontier Theme