Faktor Kebiasaan Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Ginjal

Ginjal dikenal sebagai salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting seperti organ-organ lainnya. Bagaimanapun Ginjal memiliki peran penting dalam menjaga kelancaran sistem peredaran darah dan oksigen didalam tubuh serta penetralisir zat-zat racun didalam tubuh yang tidak sempat hancur dan lenyap pada saat masuk ke lambung.

Faktor Kebiasan Yang Dapat Menganggu Kesehatan Ginjal

Namun Ginjal juga bisa bermasalah karena faktor-faktor tertentu atau kebiasaan yang sering Anda lakukan. Dan berikut ini adalah faktor kebiasaan tertentu yang tanpa disadari dapat menyebabkan kesehatan ginjal terganggu. Diantaranya adalah :

1. Akibat kurang minum.

Terkadang seseorang lupa untuk mencukupi kebiasaan mengkonsumsi air putih sebanyak liter perhari atau sekitar 8 gelas. Selain memang dianjurkan unruk kesehatan, kebiasaan mengkonsumsi air putih dapat membantu mengoptimalkan kinerja organ ginjal. Jadi ketika kurangnya asupan air minum, ginjal akan bermasalah.

2. Menahan buang air kecil.

Kebiasaan menahan buang air kecil / berkemih saat bepergian, atau sedang mengerjakan sesuatu yang penting sehingga hasrat buang air kecil harus ditahan sebenarnya tidak baik. Kebiasaan ini akan menyebabkan akumulasi bakteri di ginjal, yang akhirnya akan menyebabkan infeksi dan berpengaruh dalam merusak ginjal.

3. Faktor kelebihan protein.

Kelebihan zat protein di dalam tubuh karena asupan makanan tinggi protein, serta suplemen tertentu diduga menjadi faktor penyebab ginjal kelebihan protein yang justru meningkatan resiko batu ginjal.

4. Faktor kelebihan garam.

Akibat mengkonsumsi garam berlebih dari makanan asin juga beresiko membuat ginjal bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah Anda. Sehingga dalam jangka panjang akan beresiko menyebabkan kegagalan organ.

5. Akibat konsumsi obat panghilang rasa sakit.

Akibat dari minum obat penghilang rasa sakit secara rutin diduga dapat membatasi aliran darah ke ginjal hingga ginjal mengalami kerusakan secara perlahan. Untuk itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu untuk penggunaan obat rasa sakit.

6. Kebiasaan minum alkohol.

Kebiasaan minum alkohol berlebih dapat menyebabkan penumpukan zat asam urat yang akhirnya dapat memengaruhi fungsi ginjal.

7. Akibat mengabaikan Infeksi.

Jangan pernah mengabaikan infeksi pada tubuh, seperti dari infeksi virus flu, tonsilitis, infeksi pada perut, dan sebagainya. Sering mengalami infeksi diduga dapat mempengaruhi fungsi ginjal karena mikroorganisme akan melewati ginjal untuk dihilangkan dari tubuh.

Demikianlah Faktor Kebiasaan Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Ginjal, semoga dengan mengetahuinya Anda bisa mulai menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut dan mulai memperhatikan kesehatan organ tubuh bagian dalam termasuk ginjal.

Baca juga : Perawatan Dan Pemulihan Ginjal Bocor Dengan Suplemen

Updated: — 12:10 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *