Ciri-ciri Timbulnya Penyakit Ginjal

Penderita sakit Ginjal, pada awalnya mungkin menganggap jika beberapa tanda-tanda yang menjadi ‘sinyal’ ginjal bermasalah diabaikan. Padahal, Ginjal termasuk salah satu organ tubuh kita yang berfungsi tidak kalah penting dengan organ lainnya. Ginjal, penting dalam mebantu menyaring kotoran dan racun yang berada di dalam tubuh melalui penyaringan darah. Saat racun dan kotoran tersebut diproses (disaring) di Ginjal, barulah kemudian akan dibuang bersamaan dengan urin saat kita berkemih.

Ciri-ciri Timbulnya Penyakit Ginjal

Ciri-ciri Timbulnya Penderita Ginjal yang paling mudah adalah penderita mulai merasakan mudah lelah, sesak napas, sulit fokus, hingga bengkak di bagian tertentu seperti di kaki dan bawah mata. Hal ini terjadi akibat penumpukan dari kotoran dan cairan berlebih di dalam tubuh. Saat Ginjal sudah tidak mampu membuang racun yang terbawa dari darah, akibatnya berdampak pada irama jantung yang tidak normal hingga kematian mendadak. Namun sayangnya, gejala awal dari penyakit Ginjal sering terabaikan padahal efek berbahaya dari penyakit ini tidak boleh dianggap sepele.

Pada tahapan sakit Ginjal akut, fungsi dari Ginjal perlahan akan mulai berkurang dan ini akan menjadi gangguan besar dalam rutinitas Anda. Karena jumlah Ginjal ada dua, jika salah satunya tidak berfungsi, tubuh akan menjadi timpang, namun tetap bisa hidup hanya dengan satu Ginjal dan mendapatkan donor Ginjal.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *