Cara Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal, termasuk salah satu jenis gangguan ginjal yang rentan terjadi pada orang dewasa. Penderitanya biasanya berusia 30 sampai 60 tahun.

Penyakit batu ginjal adalah kristal padat yang muncul akibat endapan dari dalam tubuh, yang merupakan dari sisa-sisa endapat zat hasil sekresi tubuh. Batu ginjal juga muncul karena kadar kalsium dalam tubuh yang berlebih.

Cara Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal

Batu ginjal menyebabkan penderitanya mengalami nyeri yang hebat. Hal ini dikarenakan infeksi yang mengakibatkan urin bercampur darah menyumbat aliran kemih. Sedangkan, gejala awal dari penyakit batu ginjal akan terasa pada pinggang yang terasa sakit dan menjalar hingga perut bagian bawah. Diiringi dengan sakit demam, mual hingga penurunan nafsu makan.

Dan berikut ini adalah Cara Mengurangi Risiko Terkena Batu Ginjal yang dilansir dari laman styletribunnews,

1. Banyak minum air putih.

Dengan banyak minum air putih akan membantu meluruhkan batu ginjal. Untuk itu dianjurkan minum hingga 2.8 liter per hari untuk mencegah terkena batu ginjal.

2. Perbanyak konsumsi serat.

Makanan berserat yang mengandung fitat dapat membantu mencegah timbulnya batu ginjal. Senyawa ini mampu mencegah penimbunan kalsium yang akan membentuk kristal.

3. Konsumsi lemon.

Buah lemon dipercaya dapat membantu memecah batu ginjal. Karena buah lemon ini mengandung asam sitrat yang membantu memecah batu berbasis kalsium dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan bersama urin.

4. Kurangi asupan natrium.

Konsumsi garam secara berlebihan dapat berakibat terkena batu ginjal. Karena kadar kalsium dalam urin akan naik. Hindari makanan kemasan yang banyak mengandung natrium dan sodium.

Posted by Obat Penyakit Ginjal Alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *