Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi

Batu ginjal dapat terjadi pada siapapun, dan pemicunya pun bisa berasal dari kebiasaan kecil yang tidak kita perhatikan, yaitu kurang asupan air minum.

Akibat dari kurang minum tersebut, membuat garam asam dan mineral bersatu kemudian membentuk batu. Nah, batu-batu ini kemudian mempengaruhi bagian-bagian berbeda dari sistem saluran kemih, mulai dari ginjal, hingga ke kandung kemih. Oleh karena itu, lebih tepat jika ini disebut sebagai batu saluran kemih.

Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi

Walaupun seseorang memiliki batu ginjal, biasanya tidak terlalu diketahui dari gejala hingga batu-batuan tersebut bergerak di dalam ginjal ketempat yang lebih kecil (sempit) lalu kemudian terjadi iritasi. Malah terkadang, batu ginjal yang masuk kedalam ureter, memiliki tanda-tanda seperti rasa sakit saat baung air kecil, mengalami sakit di bagian punggung samping, sakit di bawah tulang rusuk, hingga air seni yang berwarna merah muda, kecoklatan hingga merah (berdarah).

Rasa sakit yang teramat parah biasanya datang dengan bergelombang. Saat mulai buang air kecil menjadi lebih sering, dan timbul gejala seperti mual, urin berbau busuk dan keruh, demam dan menggigil, serta buang air kecil dalam jumlah sedikit sewaktu-waktu. Jika sudah sampai seperti ini, tidak ada alasan untuk Anda tetap diam, dan segerakan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi selengkapnya dan cara penanganannya.

Jika Anda kemudian dirujuk untuk melakukan operasi, demi menghilangkan batu-batuan tersebut, itu sepenuhnya pilihan Anda. Namun, kami disini memberikan tips alternatif dari Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi. Berikut selengkapnya :

1. Perbanyak minum.

Seperti yang tadi dijelaskan diatas jika kurang asupan air minum, memicu batu-batu tersebut muncul. Untuk itu, sangat penting bagi Anda memenuhi kebutuhan asupan air minum, hingga 2,8 liter perhari untuk melihat hasilnya.

Untuk melihat kemajuannya, pastikan perhatikan bagaimana air seni berubah warna, apakah semakin jernih. Jika iya, berarti sudah bagus.

2. Dengan lemon.

Sembari meningkatkan intensitas minum air, Anda juga direkomendasikan dengan lemon untuk campuran memecah batu ginjal. Pada jus lemon, mengandung asam sitrat yang akan membantu memecah batu ginjal dan membuatnya lebih mudah keluar bersama urin. Rekomendasi konsumsi Jus lemon adalah 125 ml murni sehari.

3. Kurangi asupan Garam dan Protein.

Batasi asupan garam dan daging yang kaya protein, karena garam meningkatkan kalsium dalam urin, sedangkan protein meningkatkan oksalat. Kalsium dan asam urat dalam urin. Protein daging mengandung banyak sulfur yang membuat masalah lebih buruk.

4. Konsumsi serat makanan.

Sebaiknya sertakan sayuran segar serta biji-bijian pada menu makanan sehari-hari Anda penderita batu ginjal. Sebagian makanan kaya serat memiliki kandungan fitat yang mengurangi kristalisasi garam kalsium dan mencegah pembentukan batu ginjal. Tambahkan gandum, jagung, apel, berry, serta buah dan sayuran lainnya dalam makanan sehari-hari.

5. Tidak mengkonsusmi soft drink.

Ketika mengobati batu ginjal, Anda harus menghindari minuman ringan. Minuman berkafein juga membawa dampak buruk pada keadaan karena memiliki asam fosfat yang akan menambah pembentukan batu.

6. Olahraga.

Berolahraga diharuskan untuk penderita batu ginjal, hal ini dilakukan agar dapat membantu menjaga batu agar bergerak dan membuatnya lebih mudah untuk dibuang melalui air seni. Pastikan untuk tetap melakukan latihan ringan seperti berjalan untuk menghindari rasa sakit selama latihan. Ambil istirahat jika mulai mengalami sakit akibat batu bergerak di dalam saluran kemih.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *