Benarkah Biji Alpukat Dapat Mengatasi Penyakit Ginjal?

Baru-baru ini dunia internet kita dihebohkan dengan artikel yang menyebutkan jika biji alpukat bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi penyakit ginjal tanpa cuci darah! Artikel tersebut bahkan sudah jadi viral di dunia maya. Lalu benarkah biji alpukat dapat mengatasi penyakit ginjal seperti yang dikatakan dalam artikel tersebut? Mengingat sekarang ini masyarakat kita banyak terpengaruh informasi hoax yang lebih cepat menyebar informasinya, dibandingkan kebenarannya.

Benarkah Biji Alpukat Dapat Mengatasi Penyakit Ginjal?

Dilansir laman detik health, menurut pakar ahli nutrisi memang ada beberapa riset ilmiah yang membuktikan manfaat dari biji alpukat. Namun studi tersebut baru dilakukan pada percobaan tikus, bukannya manusia. Sejalan dengan riset tersebut, efek langsung dari biji alpukat untuk kesehatan ginjal belum terbukti secara klinis.

Dalam penelitian yang melibatkan tikus, biji alpukat yang telah diekstrak berefek pada penurunan gula darah, tekanan darah serta lemak darah. Ketiga faktor tersebut memang berkaitan dengan ginjal, namun antara biji alpukat dan ginjal, belum ada bukti yang nyata.

Namun secara tidak langsung pakar nutrisi tersebut juga menyebutkan jika memang biji alpukat membantu meringankan beban dari kerja ginjal. Selain itu, buah Alpukat memang baik untuk ginjal, tapi untuk bijinya belum terbukti secara alamiah. Jadi, bijak-bijak saja dalam mengelola informasi juga untuk mempraktekannya secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *