Bawang Merah Bersihkan Organ Ginjal Secara Alami

Bawang merah yang biasa dijadikan sebagai pelengkap masakan ini juga dikenal memiliki beberapa khasiat alami untuk kesehatan seperti halnya meredakan demam, dlu dan batuk. Selain menyehatkan, banyak yang mempecayai jika bawang merah memiliki manfaat baik untuk membersihkan organ ginjal. Apakah ini benar?

Bawang Merah Bersihkan Organ Ginjal Secara Alami

Dikutip dari laman health.liputan6 yang bersumber dari situs Step to Health menyatakan jika larutan bawang merah mampu mengeluarkan racun dari ginjal. Hal inilah yang menjadi alasan larutan bawang merah seringkali digunakan untuk proses detoksifikasi. Selain itu, bawang memiliki efek diuretik yang membantu mengeluarkan urin dan racun dalam tubuh.

Proses pengeluaran racun dari ginjal (detoksifikasi) sangat penting agar ginjal tetap berfungsi baik untuk menyaring racun dalam darah. Jika tidak dikeluarkan, racun bisa menumpuk dan membahayakan kesehatan. Namun sayangnya, ginjal sewaktu-waktu dapat mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya, misalnya karena faktor gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk itu, detoksifikasi merupakan hal penting yang sebaiknya dilakukan sebelum ginjal mengalami masalah. Salah satunya, dengan larutan bawang merah.

Larutan bawang merah ini mampu membantu membersihkan ginjal dengan membuang racun dan mencegah inflamasi. Larutan bawang merah juga membantu menguatkan sistem ginjal. Fungsi anti bakteri, astringen dan anti inflamasi pada bawang merah membantu menjaga ginjal dalam kondisi tetap fit dan baik. Kemudian, larutan ini juga bisa membersihkan saluran kencing, sehingga mengurangi risiko infeksi saluran kemih.

Cara membuat larutan bawang merah untuk detoks ginjal.

  • Pertama rebus 2 liter air.
  • Setelah air mendidih masukkan air ke dalam toples dan tambahkan irisan bawang merah segar.
  • Setelahnya tambahkan daun peterseli dan jus lemon, dan diamkan setidaknya dua jam.
  • Setelah itu, saring cairannya.

Untuk mengonsumsinya, dua liter air bawang bisa diminum enam kali. Ini berarti, Anda dapat mengonsumsi 200ml hingga 300ml larutan bawang sekali minum.

Karena efek diuretiknya cukup kuat, sebaiknya Anda meminumnya tiga hari sekali dalam seminggu.

Selama proses detoksifikasi ini, Anda harus membatasi asupan sodium, termasuk garam meja, karena zat ini mengganggu proses detoksifikasi. Batasi asupan lemak jenuh dan gula. Ini adalah dua hal yang dapat meningkatkan racun dalam tubuh. Sebagai gantinya, makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama yang memiliki kandungan air tinggi. Anda juga bisa makan kacang polong, jamur, dan ikan.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *