Apakah Penyakit Ginjal Bocor Dapat Disembuhkan?

Penyakit ginjal bocor mungkin umum Anda dengar, namun apakah Anda benar-benar mengetahui tentang penyakit ginjal bocor tersebut?

Apakah Penyakit Ginjal Bocor Dapat Disembuhkan?

Dalam istilah medis, penyakit ini bernama Sindrom nefrotik. Nama ginjal bocor sendiri merupakan bahasa yang lebih mudah untuk dimengerti oleh masyarakat awam. Biasanya gejala dari ginjal bocor meliputi urin berbusa, edema (retensi cairan, pembengkakan), penurunan berat badan, sakit perut, pusing dan pengecilan otot.

Sindrom nefrotik adalah kondisi dimana terjadinya kerusakan pada sistem penyaringan ginjal yang seharusnya mempertahankan protein. Karena kebocoran tersebut, protein darah yang disebut albumin menjadi lolos atau keluar bersama urin.

Sindrom nefrtotik ini biasanya disebabkan akibat salah satu penyakit yang merusak sistem penyaringan ginjal. Saat albumin darah keluar maka otomatis kadar protein dalam darah akan turun. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan seragkaian gejala sindrom nefrotik, seperti cairan merembes keluar dari pembuluh darah terkecil di seluruh tubuh dan mengendap ke dalam jaringan di sekitarnya, menyebabkan edema atau pembangkakan, mata sembab, kaki bengkak, dan bisa bengkak seluruh tubuh. Perawatan termasuk obat-obatan dan perubahan pola makan. Walaupun sindrom ini dapat terjadi pada usia berapapun, namun dalam kasusnya ginjal bocor bisa terjadi pada anak-anak.

Penyebab ginjal bocor terdiri dari :

  • Perubahan pada sistem kekebalan (imun) tubuh .
  • Peradangan.
  • Sindrom nefrotik sekunder yang disebabkan oleh penyakit tertentu termasuk diabetes, kanker dan penyakit lupus (SLE) dan obat tertentu yang bersifat racun terhadap ginjal (nefrotoksik).

Bagaimanapun kondisi dari sindrom ginjal bocor harus segera dilakukan langkah pengobatan. Dokter mungkin akan memberikan beberapa jenis obat-obatan untuk mengatasinya.

Selain itu, jika ginjal bocor tidak segera ditangani komplikasi bisa terjadi. Diantara komplikasi tersebut berupa dehidrasi, mengalami gumpalan darah, hingga infeksi.

Apakah Penyakit Ginjal Bocor Dapat Disembuhkan? Sulit untuk mengetahui jawaban dari kesembuhan, dikarenakan jenis pengobatan yang berbeda-beda, bagaimana kondisi pasien itu sendiri dan seberapa tingkat keparahan dari ginjal bocor tersebut.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *