Alasan Mengapa Batu Ginjal Lebih Banyak Terjadi Pada Pria

Pada kenyataannya pria memang lebih rentan mengalami masalah kesehatan yaitu batu ginjal dibandingkan dengan wanita. Batu ginjal atau kristalisasi mineral urin yang terjadi di ginjal ini menurut dokter Sigit Solihin dari RSU Bunda Menteng Jakarta perbandingan diantara keduanya adalah 2 : 1, lebih banyak pada pria dibandingkan wanita.

Alasan Mengapa Batu Ginjal Lebih Banyak Terjadi Pada Pria
Awal terbentuknya batu tersebut disebabkan oleh kurangnya volume urin, atau bahkan karena menumpuknya zat-zat dalam saluran kemih. Saluran kemih pada pria juga ternyata lebih sempit dibandingkan dengan saluran kemih wanita, hal inilah yang ternyata juga berpengaruh pada perbandingan besar diantara keduanya.

Faktanya memang lebih dari separuh pasien Batu Ginjal di rumah sakit tersebut adalah pria. Jenis batu yang biasa dijumpai antara lain kalsium oksalat, fostat, asam urat, struvit, dan juga sistin.

Dehidrasi juga paling berpengaruh besar pada pria, dimana pria lebih banyak melakukan aktifitas yang bisa menyebabkan terjadinya Dehidrasi. Dehidrasi yang terjadi justru akan mempercepat pembentukan batu di saluran kemih. Untuk mencegah dehidrasi, dalam sehari sebaiknya minum antara 2-3 liter air. Jangan tunggu sampai haus karena itu menandakan tubuh sudah kekurangan cairan.

Pada kasusnya, beberapa gejala batu ginjal yang timbul umumnya berupa nyeri pinggang hebat, mual dan muntah, kencing berdarah, demam, dan rasa nyeri saat berkemih. Namun pada beberapa kasus, batu ginjal juga sering tidak menimbulkan gejala.

Itu dia sedikit Alasan Mengapa Batu Ginjal Lebih Banyak Terjadi Pada Pria. Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit Batu Ginjal yang berbahaya ini silahkan lakukan pemeriksaan dan konsultasi pada dokter terdekat.

Baca juga : Minuman Enak Dan Sehat Untuk Bersihkan Ginjal

Updated: — 6:37 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *